Tutorial: Surat Keterangan Keterampilan

Pengenalan



Surat Keterangan Keterampilan (SKK) adalah dokumen yang dikeluarkan oleh lembaga pelatihan atau lembaga sertifikasi untuk membuktikan bahwa seseorang memiliki keterampilan tertentu. SKK biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan atau mengikuti seleksi calon pegawai.


Manfaat Surat Keterangan Keterampilan



Mempunyai SKK dapat memberikan banyak manfaat bagi seseorang, diantaranya adalah:
1. Membuktikan kemampuan. SKK dapat menjadi bukti bahwa seseorang memiliki keterampilan tertentu.
2. Meningkatkan peluang kerja. SKK dapat menjadi nilai tambah dalam lamaran kerja dan meningkatkan peluang seseorang diterima sebagai karyawan.
3. Meningkatkan kredibilitas. SKK dapat meningkatkan kredibilitas seseorang di mata perusahaan atau klien.


Cara Mendapatkan Surat Keterangan Keterampilan



Untuk mendapatkan SKK, seseorang harus mengikuti pelatihan atau sertifikasi yang diselenggarakan oleh lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan SKK. Prosesnya dapat bervariasi tergantung pada jenis keterampilan yang ingin diperoleh.
Setelah mengikuti pelatihan atau sertifikasi, seseorang harus mengikuti ujian untuk membuktikan bahwa ia benar-benar memiliki keterampilan tersebut. Jika lulus, lembaga pelatihan atau sertifikasi akan mengeluarkan SKK.


Jenis Surat Keterangan Keterampilan



Ada banyak jenis keterampilan yang dapat diuji dan dikeluarkan SKK, diantaranya:
1. Surat Keterangan Keterampilan Komputer
2. Surat Keterangan Keterampilan Bahasa Asing
3. Surat Keterangan Keterampilan Akuntansi
4. Surat Keterangan Keterampilan Fotografi
5. Surat Keterangan Keterampilan Pemrograman


Validitas Surat Keterangan Keterampilan



Setiap SKK memiliki masa berlaku yang berbeda-beda tergantung pada lembaga yang mengeluarkan. Ada yang berlaku selama 1 tahun, 2 tahun, bahkan hingga 5 tahun. Setelah masa berlaku habis, seseorang harus mengikuti pelatihan atau sertifikasi lagi untuk memperpanjang SKK.


Penutup



Mendapatkan Surat Keterangan Keterampilan bisa menjadi cara untuk meningkatkan kemampuan dan peluang kerja. Namun, SKK hanya dapat dikeluarkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan sehingga penting bagi seseorang untuk memilih lembaga pelatihan atau sertifikasi yang terpercaya dan sudah terbukti kredibilitasnya.

close